Yuk Intip Pembangunan LRT dengan Bobot Beton Lengkung Setara 5X Airbus A380

Presiden Jokowi memerlihatkan perolehan pembangunan konstruksi project kereta enteng atau LRT Jabodebek. Satu diantaranya yang dipertunjukkan Jokowi merupakan longspan atau jembatan bentang panjang untuk LRT Jabodebek yang ada di Kuningan, Jakarta.

Jokowi mengatakan, tidak cuman konstruksi melayang-layang di atas flyover, konstruksi jembatan bentang LRT meliuk pada ketinggian. Konstruksi LRT ini ada di atas tol JORR dalam kota.

Simak Juga : berat besi beton

“Demikianlah rumitnya pekerjaan jembatan bentang panjang untuk LRT Jabodebek yang melayang-layang di atas flyover Kuningan, Jakarta Selatan ini,” kata Jokowi diambil dari account media sosialnya, Kamis (14/11).

Dia memberi pujian kebolehan insinyur lokal Arvila Delitriana, alumnus Institut Technologi Bandung (ITB) yang sukses membuat jembatan yang menurut dia mengagumkan serta terhubung dengan presisi. Berat bentang panjang ini serta diklaim lebih dari pada 5 kali pesawat jumbo A380. Pesawat ini mempunyai berat optimal 562 ton.

“Bayangkanlah keunggulan konstruksi ini: melintang 148 mtr. dengan radius lengkung 115 mtr. serta gunakan material beton seberat 9.688,8 ton atau sama dengan bertambah 3x berat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Besi yang diperlukan beberapa 2.929,7 ton atau sama dengan bertambah 5 kali berat pesawat Airbus A380,” tukasnya.

Jokowi mengungkap konstruksi bentang panjang LRT ini mengukir dua rekor dari Museum Rekor Indonesia, adalah untuk jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang, serta untuk jembatan dengan pembebanan axial static loading tes paling besar.

Artikel Terkait : tabel baja
Jokowi Memperlihatkan Berat Beton Lengkung LRT Sama dengan 5X Airbus A380Foto: Operasional kereta api enteng (Light Rail Transit/LRT) Project Jembatan Lengkung (CNBC Indonesia/Efrem)

“Dengan tersambungnya satu diantaranya sisi sulit dari konstruksi arah LRT Jabodebek ini, project kereta LRT kita semakin memperlihatkan hasil,” tukasnya.

Jokowi memberikannya selamat terhadap PT Adhi Karya Tbk serta Arvila Delitriana, untuk perancang bentang panjang LRT ini.

Diketahui LRT Jabodebek punyai tiga lintas layanan: Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, serta Cawang-Bekasi.

READ  Mulai Agustus, Harga Patokan Ekspor Tambang Naik

Comments are closed.