Ini Material yang Dipakai untuk Buat Dapur Kompak

Ada pelbagai pilihan material yang bisa Anda pakai buat bangun dapur kecil. Buat menentukan material yang dimanfaatkan, bisa sesuai dengan anggaran serta gaya yang dikehendaki.

1. Kayu Utuh
Kayu utuh bisa di ambil apabila Anda menghendaki dapur bermodel rustic atau vintage. Kayu utuh yang kebanyakan dimanfaatkan yaitu Jati, Pinus, Trembesi, Sonokeling. Material ini makin tebal ketimbang kayu olahan. Melamine (Propan Impra Melamine) bisa dimanfaatkan buat finishhing kayu utuh. Lantaran dibikin dari kayu utuh, material ini kuat buat mengendalikan beban berat serta mempunyai motif yang eksotis. Akan tetapi, material model ini tambah mahal ketimbang material yang lain yang bakal dikupas di bawah.

2. Multiplek
Material lain yang bisa dimanfaatkan buat dapur mini yaitu kayu multiplek. Kayu multiplek sebagai kayu olahan dari serat kayu. Kayu multiplek dibikin dari lembaran serat kayu yang ditumpuk serta di-“lem” dengan horisontal serta di-press pada temperatur tinggi. Walau kayu olahan, kayu multiplek banyak dimanfaatkan buat bikin almari lantaran cukup tangguh. Ini lantaran lembaran kayu ditumpuk dengan arah serat terbalik.

Kayu multiplek memang tak seindah kayu utuh, namun harga tambah lebih bisa dijangkau ketimbang kayu utuh. Furnitur sheet seperti Huben PVC Furnitur Sheet atau High Pressure Laminate bisa dimanfaatkan jadi finishhing biar kayu multiplek kelihatan makin indah.

3. Blockboard
Seperti kayu multiplek, blockboard pun sebagai kayu hasil olahan. Apabila kayu multiplek dibikin dengan menimbun lembaran kayu, blockboard dibikin dengan tempelkan balok-balok kayu dengan berdampingan, dengan lembaran kayu disamping atas serta bawah, serta di-press pada temperatur tinggi.

lockboard makin kaku ketimbang kayu multiplek, maka sesuai buat bangun almari yang tinggi. Namun, kayu multiplek makin tahan air ketimbang blockboard. Apabila Anda menentukan blockboard buat dapur mini Anda, tegaskan biar air tak masuk ke blockboard. Anda mesti memanfaatkan finishhing berwujud furnitur sheet (Huben Furnitur PVC Sheet) atau High Pressure Laminate biar air tak masuk ke blockboard.

Buat harga, material ini hampir serupa dengan kayu multiplek. Apabila memanfaatkan blockboard, jangan sebarang menempatkan paku atau sekrup. Blockboard punya sela antar balok yang tak kelihatan lantaran tertutup lembaran kayu. Apabila menempatkan paku atau sekrup di ruangan ini, blockboard dapat tumbang. Oleh sebab itu, dibutuhkan pakar apabila mau bangun dapur mini dengan prinsip dapur mini bahannya blockboard.

READ  Fitur Umum Lantai Vinyl yang Perlu Anda Ketahui

4. Medium Density Fiberboard (MDF)
Material ini dibikin dari serat kayu yang begitu halus. Serat kayu di-“lem” dengan resin serta di-press pada temperatur tinggi. MDF banyak dimanfaatkan buat bangun almari lantaran harga yang bisa dijangkau, tak ada cacat, serta ukurannya beraneka. Buat menaikkan nilai estetika, furnitur sheet (Huben Furnitur PVC Sheet) atau High Pressure Laminate bisa dimanfaatkan jadi finishhing. Diluar itu, dapat juga perpanjang usia MDF lantaran tak terserang contact langsung dengan udara atau air.

5. Particle Board
Serupa seperti MDF, particle board pun dibikin dari serat kayu yang di-“lem” dengan resin serta di-press pada temperatur tinggi. Perbedaannya, serat kayu yang dimanfaatkan pada particle board bertambah besar, tak sehalus MDF. Ini menimbulkan particle board bertambah ringkih ketimbang MDF. Particle board begitu ringan hancur apabila terserang air.

Particle board sebagai material yang termurah pada empat material yang lain. Seperti MDF, furnitur sheet (Huben Furnitur PVC Sheet) atau High Pressure Laminate bisa dimanfaatkan jadi finishhing pada particle board buat menaikkan nilai estetika serta buat perlindungan particle board, terpenting dari air.

6. Stainless Steel
Stainless Steel dimanfaatkan pada meja jadi pelapis. Stainless Steel di ambil lantaran gampang, indah, serta kuat. Lantaran dapur kecil ini mempunyai konsep dapur mini, granit atau keramik tidak bisa dimanfaatkan lantaran sangat berat. Apalagi apabila bahan dasarnya dibikin dari kayu olahan yang relatif makin gampang ketimbang ke dua material itu. Diluar itu, Stainless Steel ringan dibuat bersih serta tak beracun.

Comments are closed.