Sebelum Beli, Ketahui Jenis Alat Pemadam Kebakaran (APAR)

Jika aman untuk melakukannya, kebakaran rumah tangga kecil dapat diatasi dengan alat pemadam kebakaran dan selimut yang tepat, mencegah insiden yang lebih besar.

Pilih pemadam api yang dirancang untuk digunakan di rumah. Alat pemadam itu sendiri akan memiliki instruksi yang jelas untuk digunakan dan menyarankan tempat terbaik untuk menemukannya di rumah.

Keselamatan pertama

Periksa alat pemadam kebakaran Anda belum melewati batas penggunaannya.

Alat pemadam kebakaran rumah tangga tidak semuanya digunakan dengan cara yang sama. Baca dan ingat instruksi ketika Anda membeli satu – Anda mungkin tidak memiliki kesempatan jika terjadi kebakaran.

Cara menggunakan pemadam dengan aman
Sebelum Anda mengatasi bahkan kebakaran terkecil, pastikan bahwa semua orang telah dievakuasi dan alarm telah dinaikkan. Temukan tempat di mana Anda memiliki akses tidak terbatas ke api, dan di mana Anda bisa mundur dengan cepat dan aman jika perlu. Ini adalah ide yang bagus untuk berjongkok, karena ini akan membantu Anda menghindari asap, menghindari panas dan lebih dekat ke api. Ikuti instruksi pengoperasian dengan hati-hati – dan pastikan api benar-benar padam, dan tidak akan menyala kembali atau terus membara.

Sumber referensi tambahan: harga besi hollow 4×4

Jangan terus memadamkan api jika:

  • Berbahaya melakukannya
  • Rute pelarian Anda mungkin terputus oleh api atau asap
  • Api terus tumbuh, terlepas dari usaha Anda
  • Ada tabung gas yang terancam kebakaran

Saat Anda menjauh dari lokasi kebakaran, tutup jendela dan pintu di belakang Anda di mana pun Anda bisa karena ini akan membantu mengurangi penyebaran api. Dan jangan gunakan alat pemadam untuk memadamkan gas yang terbakar. Matikan pasokan gas jika aman untuk melakukannya, dan hubungi pemadam kebakaran terdekat.

Memilih alat pemadam api yang tepat
Untuk memenuhi standar Eropa, semua alat pemadam memiliki tubuh merah dengan pita warna untuk menunjukkan isi alat pemadam. Anda harus membuat diri Anda sadar akan berbagai warna karena mereka digunakan untuk berbagai jenis api.

air
Ideal untuk bahan yang bebas terbakar, seperti kertas, kain dan kayu. Beberapa mengandung air plus penghambat api khusus yang mencegah bahan terbakar. Alat pemadam ini tidak cocok dan tidak boleh digunakan untuk cairan yang mudah terbakar atau kebakaran yang melibatkan peralatan listrik.

READ  Mulai Rp 50 Ribu Material Kusen Ini Mirip Kayu Asli Loh

Busa
Alat pemadam busa multiguna cocok untuk kebakaran yang melibatkan bahan-bahan yang bebas terbakar seperti kertas, kain dan kayu, plus sebagian besar cairan yang mudah terbakar.

Bubuk
Cocok untuk cairan yang mudah terbakar dan peralatan listrik dan bahan yang paling bebas terbakar. Tapi ingat bahwa bedak lebih baik daripada mendinginkan api, jadi api bisa menyala kembali.

Karbon dioksida
Untuk kebakaran yang melibatkan cairan yang mudah terbakar atau peralatan listrik seperti komputer, mesin fotokopi atau generator. Tidak untuk digunakan di ruang terbatas tempat asap bisa dihirup. Jangan pernah menyentuh tanduk hitam atau bagian bawah alat pemadam api saat digunakan karena ini akan menjadi beku.

Alat pemadam kimia basah
Dirancang untuk kebakaran yang melibatkan lemak dan minyak untuk memasak, alat pemadam ini paling cocok untuk digunakan di dapur. Saat dioperasikan, mereka menciptakan kabut halus untuk mendinginkan api dan mencegah percikan.

Comments are closed.