Beberapa Bagian Penting Dari Struktur Bangunan

Ada beberapa sisi penting dalam konstruksi bangunan, yang mana satu sisi dengan sisi yang lain sama-sama menyuport. Material yang diperlukan pada tiap sisi bangunan pula berlainan sama dengan kegunaannya.

Ada dua sisi konstruksi bangunan adalah bangunan bawah serta bangunan atas.

BANGUNAN BAWAH merupakan sisi bangunan yang terdapat di bawah permukaan tanah yang memiliki fungsi buat menumpang bangunan atas. Konstruksi bangunan bawah harus kuat serta konstan. Sisi bangunan bawah antara lain : landasan serta sloof.

BANGUNAN ATAS merupakan sisi bangunan yang ada di atas permukaan tanah. Sisi bangunan atas untuk bentuk bangunan. Sisi bangunan atas antara lain: dinding, kolom, lantai, pintu, jendela, balok latei, balok ring, kuda-kuda serta atap.

PONDASI

Landasan adalah penunjang seluruhnya beban bangunan atas serta menyambung ke tanah di bawahnya. Landasan terkait langsung dengan tanah keras.

Menurut kedalaman landasan ada landasan dangkal serta landasan dalam. Kalau disaksikan bermaterial bangunannya ada landasan batu kali, landasan bata serta landasan beton.

Konstruksi landasan harus kukuh serta perhatikan daya junjung tanah, perhatikan jenis bangunan serta kegunaannya.

SLOOF

Sloof sebagai sisi bangunan bawah yang ada di atas landasan. Sloof meratakan beban dinding di atasnya serta menyambung ke landasan di bawahnya. Sloof adalah konstruksi beton bertulang buat mengikat landasan.

DINDING

Dinding atau seringkali dimaksud tembok adalah sisi bangunan yang ada di atas sloof.
Dinding bangunan memiliki fungsi untuk penutup bangunan / tempat, partisi ataupun nilai estetis pada bangunan. Dinding dapat dibikin bermaterial non-permanen, semi-permanen serta permanen.

Material non permanen rata-rata diperlukan pada bangunan tradisionil yang gunakan bahan kayu serta bambu. Dinding yang permanen gunakan material batu bata, batako, celcon ataupun beton.

Sedang dinding yang semi-permanen adalah campuran material dinding seperti dinding batu bata di sisi bawah serta atasnya dinding kayu, atau bisa pula gunakan material seperti gypsum, calsiboard atau GRC.

KOLOM

Kolom adalah sisi bangunan atas yang ada di atas sloof serta diantar dinding. Kolom untuk penyangga pokok dari beban di atasnya, sekalian untuk pengikat dinding biar konstan.

READ  Tips Membeli Bahan Bangunan Agar Tak Salah Pilih

Ada kolom susunan (pokok) yang menyokong beban pokok, serta ada kolom ringkas yang memiliki fungsi buat menunjang membatasi beban bangunan.

PINTU DAN JENDELA

Pintu serta jendela adalah sisi bangunan atas yang memiliki fungsi untuk ventilasi serta jalan keluar masuk bangunan. Sisi bangunan ini bersatu dengan dinding bangunan. Peletakan pintu serta jendela mempunyai pengaruh pada estetika bangunan, kenyamanan serta keamanan bangunan.

BALOK LATEI

Balok latei ini rata-rata melekat tepat di atas pintu serta jendela, serta adalah konstruksi beton bertulang yang punya tujuan menjauhi kusen pintu serta jendela terima beban langsung bangunan di atasnya. Jadi kusen pintu serta jendela tidak meliuk, kukuh jikalau ada gempa mengontrol kusen konsisten berdiri.

BALOK RING

Balok ring adalah balok beron bertulang yang ada di atas dinding. Balok ring ini memiliki fungsi mengikat ujung atas kolom, mengikat dinding dan menyambung beban bangunan dari atap.

KUDA – KUDA

Kuda kuda adalah sisi bangunan atas dengan konstruksi atap yang ada di atas balok ring. Kuda kuda ini dapat dibuat bermaterial kayu, baja, beton bertulang serta saat ini ada yang gunakan material baja ringan.

ATAP

Atap merupakan sisi bangunan yang ada teratas. Atap adalah penutup yang memiliki fungsi untuk pelindung sisi dalam bangunan baik dari cuaca, angin, temperatur ekstrim panas / dingin udara dll. Sekalian atap pula sebagai khusus serta keamanan penghuni bangunan. Perubahan sekarang, telah beraneka macam rancangan bentuk atap termasuk juga pada material yang difungsikan.

Comments are closed.