Motif Mantan Pegawai PLN Curi KWH Meter di Rumah Kosong

Deretan Satreskrim Polres Bondowoso menangkap seseorang begal pakar fitur listrik atau MCB serta KWH mtr. yang berada pada beberapa rumah kosong. Andri Agus Setiawan alias Wawan (31), penduduk RT 30 RW 7, Kelurahan Dabasah, Kecamatan Kota, ditangkap seusai ditemui merampok dalam sesuatu rumah kosong yang berada pada Perumahan Daya pikat Ijen Regency, Kelurahan Badean, Kecamatan Kota.

Dalam jalankan laganya, pemeran menyamar jadi petugas PLN biar tak dianggap penduduk lebih kurang.

Simak Juga : mcb listrik

“Wawan ini kenakan seragam petugas PLN berwarna hijau buat mempermainkan penduduk yang menyaksikan. Karena laganya dikerjakan kerapkali dikerjakan pagi hari,”kata Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz, terhadap mass media pada Kamis (30/8).

Modus itu dimanfaatkan lantaran pemeran awal mulanya memang sudah pernah kerja jadi pegawai PLN dengan posisi tenaga ubah daya atau outsourcing.

“Terduga ini udah terampil karena eks petugas PLN. Pertama ia menghancurkan KWH gunakan obeng. Lalu buka MCBnya memanfaatkan tang penggunting kabel,” lanjut Erick.

Sebelum jalankan perbuatan begalannya, terduga lebih dahulu melaksanakan survey dengan berkeliling-keliling ke beberapa titik di Bondowoso dengan menggunakan sepeda motor pribadinya. Maksudnya adalah untuk cari beberapa rumah kosong yang dapat dicuri KWH meternya.

Mengenai seragam PLN yang dimanfaatkan terduga, sebagai punya sendiri. “Itu seragamnya saat waktu kerja di PLN,” makin Kasatreskrim Polres Bondowoso, AKP Agung Ari Wibowo.

Artikel Terkait :tandon air

Hasil dari pengecekan sesaat, sampai kini udah ada 30 rumah kosong yang sudah pernah dicuri fitur listriknya oleh pemeran Wawan. Dari tangan terduga sendiri faksinya udah menyelamatkan beberapa barang untuk bukti. Berwujud satu unit sepeda motor, busana petugas PLN, beberapa perabotan buat menghancurkan KWH mtr..

“Kita pakai masalah 363 ayat (1) ke.5e KUHP, dengan ultimatum hukuman Maksimum 7 tahun,” kata Agung.

READ  Dinding Gipsum Lebih Digemari Daripada Bata, Ini Keuntungannya

Comments are closed.